Alam Sutera Tingkatkan Produktivitas & Kualitas Hunian Melalui Pelatihan Pekerja



Alam Sutera kembali mengadakan CSR Alam Sutera Peduli berupa Pelatihan Pekerja Konstruksi dengan tema “Standar & Metode Aplikasi Pengecatan Dinding Eksterior & Interior” didukung oleh PT Jotun Indonesia pada Kamis, 20 Juni 2024. Giat ini dilaksanakan di Padi Sport Center, Suvarna Sutera bagi para pekerja konstruksi anak perusahaan, PT Delta Mega Persada dan sejumlah pekerja kontraktor. Sejak tahun 2023, program pelatihan ini telah diikuti oleh hampir 700 peserta hingga saat ini dengan berbagai tema pembahasan mulai dari pelatihan pengecatan, aplikasi semen mortar acian, instalasi pipa sampai pemasangan genteng yang sangat krusial dalam pembangunan rumah. Pelatihan juga didukung sejumlah kolaborator Alam Sutera Group antara lain PT Pralon, PT Mortar Utama, PT Fumira, PT Propan Raya dan PT Jotun Indonesia.

Pelatihan yang diberikan PT Jotun Indonesia bertujuan membantu pekerja dalam pembangunan hunian khususnya pada teknik pengecatan. Pelatihan ini sangat penting dalam meningkatkan kualitas dan produktivitas para pekerja konstruksi mulai dari pengetahuan mendasar sampai praktek skill. Dalam mengembangkan kawasan, Alam Sutera berkomitmen untuk menciptakan hunian/bangunan yang layak dan berkualitas. Hal tersebut perlu diimbangi kemampuan para pekerja konstruksi yang profesional dan mahir dalam bidangnya.”, jelas Ch. Rossie Andriani selaku Corporate Communication Division Head PT Alam Sutera Realty Tbk.

Aplikasi cat pada bangunan merupakan hal penting yang mempengaruhi estetika bangunan. Oleh karena itu diperlukan teknik yang tepat dalam pengecatan dinding eksterior maupun interior. Pengecatan sendiri terbagi menjadi metode repainting, biasanya diaplikasikan pada pengelupasan cat yang sudah rusak dan perbaikan / penambalan dengan material skimcoat dan new painting pada bangunan baru yang lapisan terluarnya adalah semen. Selain itu, terdapat beberapa hal yang perlu dipastikan dalam pengecatan mulai dari kelembaban sampai ke kandungan alkali pada bangunan.

Alam Sutera Group secara konsisten mengadakan program tanggung jawab sosial yang berdampak positif terhadap pemberdayaan lingkungan dan masyarakat. Melalui program CSR Alam Sutera Peduli dalam pilar Community Engagement, Alam Sutera mengedepankan kontribusi aktif dan peningkatan wawasan berbagai kelompok sehingga berdampak signifikan bagi kehidupan, mulai dari pekerja konstruksi, murid sekolah sampai masyarakat sekitar yang membutuhkan. Kegiatannya antara lain CSR Pelatihan Pekerja Konstruksi yang dilaksanakan sejak tahun 2023, Literasi Budaya, Blood Donation for Thalasemia, Alam Sutera Bercerita, Gerakan “Ayo! Tanam Pohon Untuk Masa Depan!” dan Bantuan Korban Bencana Alam.