ALAM SUTERA LAKUKAN RESTORASI FUNGSI EKOLOGIS HUTAN MANGROVE GELOMBANG KEDUA

Memperingati Hari Mangrove Sedunia yang jatuh pada akhir bulan Juli 2024 lalu, Suvarna Sutera anak perusahaan Alam Sutera Group, kembali melakukan restorasi dan penyeimbangan ekosistem Mangrove melalui CSR Alam Sutera Peduli program “Ayo! Tanam Pohon Untuk Masa Depan” pada Kamis, 8 Agustus 2024 di Ketapang Urban Aquaculture, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang. Giat CSR gelombang kedua ini akan melakukan penanaman 5.000 bibit Mangrove jenis Bakau Totol (Rhizophora Stylosa) di mana telah dilakukan penanaman 5.000 bibit Mangrove dan pelepasan bibit kepiting Tapal Kuda yang berperan sangat penting bagi keseimbangan ekosistem Mangrove di bulan Juni lalu. Turut hadir jajaran Direksi, Manajemen dan perwakilan staff Alam Sutera Group, Bapak F.X. Widyasmara selaku Kepala Sekolah SMP dan SMA Santa Laurensia Suvarna Sutera beserta guru pembimbing, Bapak Muhammad Ilyas selaku Kepala Bidang pertamanan DLHK Kab. Tangerang dan Bapak Hari Mahardika selaku Kepala Bidang PSLB3 Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kab. Tangerang. Program ini bertujuan untuk mengedukasi dan peningkatan kepedulian terhadap lingkungan, juga mengundang siswa/i Sekolah Laurensia Suvarna Sutera untuk berpartisipasi langsung dalam penanaman dan pelepasan bibit Tapal Kuda.
Foto bersama peserta CSR Penanaman Mangrove

“CSR Gerakan “Ayo! Tanam Pohon Untuk Masa Depan” yang kami lakukan merupakan bentuk dukungan terhadap program pemerintah terkhusus Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Kab. Tangerang dalam restorasi hutan Mangrove.
Penyerahan plakat - CSR Penanaman Mangrove

Ketapang Urban Aquaculture merupakan kawasan Hutan Mangrove yang berada di sekitar proyek pembangunan Suvarna Sutera di mana kawasan ini merupakan kawasan percontohan yang berfungsi sebagai pencegahan alami dalam upaya melindungi pesisir dari bahaya erosi. Kawasan ini juga memiliki Kepiting Tapal Kuda atau Kepiting Mimi, merupakan spesies kepiting berdarah biru yang darahnya berkhasiat mengobati berbagai penyakit. Kawasan Hutan Mangrove juga membantu masyarakat sekitar untuk mendapatkan air bersih dan meningkatkan kesegaran udara.
Kata sambutan oleh siswa, peserta CSR Penanaman Mangrove

Tanto Winata selaku salah satu murid SMA Laurensia Suvarna Sutera kelas XI menyampaikan kata sambutan, “Saya perwakilan dari Sekolah Laurensia Suvarna Sutera mengucapkan terima kasih karena sudah diundang dalam CSR di mana kegiatan ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi kita semua dan kita juga dapat meingkatkan kepedulian akan lingkungan sekitar. Kegiatan ini juga merupakan aksi nyata dari pelajaran Cinta Tanah Air dan Budi Pekerti yang kami pelajari setiap minggunya. Kami percaya dengan merawat lingkungan sejatinya kita juga merawat bumi, dengan kita merawat bumi, kita juga sedang meningkatkan kualitas hidup.” “Suvarna Sutera turut berbangga dan memfasilitasi penuh kegiatan penanaman dengan total 10.000 bibit Mangrove, di mana manfaat dari kegiatan ini dapat dirasakan dalam jangka panjang bagi lingkungan khususnya area pesisir Kabupaten Tangerang. Selain itu, kegiatan ini merupakan gelombang terakhir rangkaian kegiatan setelah penanaman gelombang pertama yang dilakukan pada bulan Juni lalu. Penanaman bibit Mangrove ini merupakan bentuk kepedulian dan kontribusi langsung Suvarna Sutera agar terciptanya kawasan Mangrove yang mendukung pertumbuhan ekonomi serta kesehatan warga sekitar khususnya di Kabupaten Tangerang. Semoga kedepannya kami dapat terus melestarikan lingkungan dengan aksi penanaman pohon secara terus menerus khususnya di kawasan Kabupaten Tangerang dan sekitarnya.”, pungkas Silvanus Hoantonio, Managing Director Suvarna Sutera.