Kembali Adakan Kegiatan Donor Darah, PT Alam Sutera Realty Tbk. dan PMI Kabupaten Pandeglang Rutin Bantu Ketersediaan Stok Kantung Darah

Kembali Adakan Kegiatan Donor Darah, PT Alam Sutera Realty Tbk. dan PMI Kabupaten Pandeglang Rutin Bantu Ketersediaan Stok Kantong Darah Pandeglang, April 2023 - Pada hari Sabtu dan Senin, 1 & 3 April 2023, PT Alam Sutera Realty Tbk bersama dengan PMI Kabupaten Pandeglang kembali mengadakan kegiatan donor darah di Futopia, Mall @ Alam Sutera. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat kepada sesama yang membutuhkan, terkhusus bagi mereka yang membutuhkan stok kantong darah. PMI menyatakan kebutuhan terhadap kantong darah di Indonesia per-harinya terhitung cukup tinggi. Faktanya dalam satu hari dibutuhkan sekitar 1.000-1.200 kantong darah, sehingga membutuhkan partisipasi dari berbagai pihak agar ketersediaan kantong darah tetap terjaga. Kabupaten Pandeglang menemukan banyak masyarakat yang terindikasi Thalasemia, yang merupakan penyakit kelainan darah karena kurangnya hemoglobin (Hb) yang normal pada sel darah merah. Hal tersebut menjadi pertimbangan dimana PT Alam Sutera Realty, Tbk. secara rutin dalam tiga bulan sekali mengadakan kegiatan donor darah di daerah tersebut.
Gambar 1 Para Pendaftar Sedang Mengantri untuk Cek Tensi dan Gula Darah

Sesuai dengan PERMENKES 91 Tahun 2015, para pendonor diwajibkan melakukan donor darah dengan jarak waktu tidak kurang dari dua bulan. Setelah melakukan pendaftaran, kegiatan donor darah diawali dengan pengecekan tensi (tekanan darah) dan kadar gula darah bagi seluruh pendonor. Sekalipun dilakukan di bulan Ramadhan para pendaftar donor darah yang berasal dari sekitaran wilayah Alam Sutera dan Tangerang tetap antusias untuk mendonorkan darah mereka. Pada hari pertama, jumlah pendaftar berjumlah 100 orang. Pada hari kedua, pendaftar mencapai 126 orang. Pada keseluruhan, total pendaftar berjumlah 226 orang dan terhitung yang berhasil lolos kualifikasi mendonorkan darah mereka berjumlah 198 orang. Donor darah sendiri memiliki manfaat yang sangat besar di bidang kesehatan terutama bagi kejadian-kejadian mendesak. Namun yang belum banyak diketahui adalah giat donor darah secara berkala terbukti memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh pendonor sendiri. Manfaat yang dapat dirasakan pendonor adalah dapat mendeteksi sebuah penyakit tertentu, menurunkan resiko penyakit jantung dan membantu menurunkan berat badan.
Gambar 2 Pelaksanaan Kegiatan Donor Darah